Nama Kepala Sekolah : ELIS KOMARIAH, S.Pd. M.Pd
Instansi : SD Neegri 10 Pendopo Kabupaten Empat Lawang
Tugas 08. Menyusun Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
Masalah yang dipilih : Rendahnya kompetensi guru dalam model-model pembelajaran
Pemecahan Masalah : Mengoptimalkan kegiatan KKG
Judul RPS : Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kegiatan KKG Kecil.
Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kegiatan KKG Kecil
Tujuan |
Indikator Keberhasilan |
Program Kegiatan |
Langkah-langkah Kegiatan |
Sumber Daya |
Students Wellbeing |
a |
b |
c |
d |
e |
f |
1. Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Model-model Pembelajaran, pemanfaatan Media Pembelajaran yang ada disekolah, Pembuatan Media Pembelajaran sederhana
|
1. Guru dapat menggunakan Model-model Pembelajaran dalam Kegiatan Belaajr Mengajar ; 2. Guru dapat Memanfaatkan Media Pembelajaran yang ada di sekolah, dalam Kegiatan Belajar Mengajar; 3. Guru dapat membuat Media Pembelajaran sederhana dan menarik 4. Guru cepat dalam merespon peserta didik yang mengalami kesulitan 5. Guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik ;
|
Kegiatan KKG Kecil untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan model-model pembelajaran, pemanfataan media pembelajaran, dan pembuatan media pembelajaran sederhana sehingga mampu meningkat kan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
|
Persiapan: 1. Melaksanakan rapat /diskusi mengenai kendala dalam melaksanakan KBM 2. Membuat jadwal untuk pelaksanaan KKG Kecil 3. Menyusun program untuk kegiatan KKG Kecil 4. Menyiapkan ruangan untuk kegiatan KKG Kecil 5. Menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan KKG kecil contohnya leptop, LCD Proyektor, Sound System Pelaksanaan: 1. Seluruh guru SDN 10 Pendopo wajib mengikuti KKG Kecil yang dilaksanakan di Ruang Kelas SDN 10 Pendopo 2. Pelaksanaan KKG kecil dilaksanakan selama 2 hari. Dalam 1 hari dilaksanakan selama 3 jam. 3. Kegiatan KKG di pandu oleh Nara Sumber. Nara Sumber yaitu Kepala Sekolah sendiri karena kepala sekolah adalah Instruktur Kabupaten (IK). 4. Di dalam kegiatan KKG Kecil, guru mempelajari tentang Model-model Pembelajaran, Cara menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah, dan membuat media pembelajaran sederhana 5. Mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan KKG Kecil Monev: 1. Kepala sekolah melaksanakan pengaawasan setiap hari selama pelaksanaan KKG Kecil. 2. Testimoni guru setelah mengikuti KKG Kecil 3. Mengumpulkan data yang berkaitan dengan kegiatan, misalnya Instrumen AKPK, dll
Refleksi: 1. Rapat antara guru-guru dan kepala sekolah untuk penyampaian kesan, pesan, kritik dan saran pada kegiatan KKG Kecil yang telah dilakanakan 2. Guru mampu melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan berbagai model pembelajaran 3. Guru mampu memanfaatkan media pembelajaran yang ada ; 4. Guru mampu membuat media pembelajaran sederhana sesuai dengan materi yang diajarkan ;
Tindak lanjut: 1. Supervisi pembelajaran dikelas 2. Menganalisa hasil supervisi dan memberikan motivasi 3. Mengisi instrumen kegiatan 4. Menganalisa hasil pencapaian instrumen students wellbeing
|
SDM : Guru-guru, Kepala Sekolah, Siswa , Orang Tua Siswa, dan Komite, Nara Sumber (Kepala Sekolah)
Prasarana Penunjang : Alat Tulis, Foto, Video, Laptop,LCD Proyektor, Sound System, Media Pembelajaran yang ada di Sekolah |
Semangat, Aktif, peduli, toleransi, disiplin, dan jujur , bertanggung jawab. |
2. Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah |
Kompetensi Kepribadian: 1. Kepala Sekolah melaksanakan tugas-tugas kepala sekolah dengan perencanaan yang matang dan evaluasi berkelanjutan 2. Kepala Sekolah mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah-masalah terkait pekerjaan saya dengan baik.
Kompetensi Sosial: 1. Kepala Sekolah memiliki pengalaman dalam melakukan kerja sama dengan perseorangan dan institusi Iain, baik institusi pemerintah atau swasta, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah dimana saya bertugas. 2. Kepala Sekolah memiliki pengalaman dalam menggalang bantuan dari semua warga sekolah tempat saya bertugas untuk meringankan penderitaan warga masyarakat yang sedang tertimpa bencana/ musibah atau mengalami kesulitan ekonomi.
Kompetensi Manajerial: 1. Kepala Sekolah memahami penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) 2. Kepala Sekolah memahami cara mengidentifikasi masalah yang terkait dengan standar pelayanan minimal atau standar nasional pendidikan mengenai sarana dan prasarana sekolah/madrasah..
Kompetensi Supervisi: 1. Kepala Sekolah memahami teknik-teknik dalam melakukan supervisi akademik 2. Kepala Sekolah memahami cara melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap program dan kegiatan kerjasama dengan perseorangan dan institusi pemerintah atau swasta
Kompetensi Kewirausahaan: 1. Kepala Sekolah memahami program-program inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik. 2. Kepala Sekolah memiliki pengalaman dalam meningkatkan keingintahuan warga sekolah dalam pengetahuan dan ketrampilan melalui kerja keras dan semangat pantang menyerah
|
Petunjuk pengisian matrik RPS:
1. Kolom a : diisi dengan tujuan yang hendak dicapai;
2. Kolom b : diisi dengan indikator yang dapat diukur;
3. Kolom c : diisi dengan nama program yang akan dilakukan;
4. Kolom d : diisi dengan tahapan kegiatan untuk menyelesaikan program;
5. Kolom e : diisi dengan sumber daya yang digunakan untuk mendukung program;
6. Kolom f : diisi dengan students wellbeing yang akan dicapai.
Peserta mengunggah hasil isian Matrik RPS ke LMS yang telah disediakan
Rubrik Penilaian Perencanaan RPS (meliputi Matrik, Instrumen Monev, dan jadwal RTL):
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
apabila seluruh indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
Bagian Matrik RPS: 1. Tujuan meliputi dua yang dirumuskan secara jelas 2. Indikator dirumuskan secara rinci, detail, dan dapat diukur untuk mencapai tujuan 3. Nama program pengembangan sekolah dituliskan dengan jelas untuk mencapai tujuan 4. Langkah-langkah dirumuskan secara urut, logis, dan aplikatif dan menggambarkan pencapaian tujuan 5. Sumber daya dirumuskan secara lengkap dan relevan dengan kebutuhan kegiatan 6. Students Wellbeing yang terukur dan relevan dengan program yang dilakukan |
81 – 90,99 |
apabila empat indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
|
71 – 80,99 |
apabila tiga indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
|
< 70,99 |
apabila kurang dari dua indikator yang terpenuhi |
0 Komentar