RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF



SATUAN PENDIDIKAN                : SD NEGERI  23 PENDOPO
MATA PELAJARAN                      : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER                       : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI      : 4 JAM
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013

1.      Jumlah minggu dalam satu semester
a.       Januari                                                                               : 5 Minggu
b.      Pebruari                                                                             : 4 Minggu
c.       Maret                                                                                 : 4 Minggu
d.      April                                                                                  : 4 Minggu
e.       Mei                                                                                    : 5 Minggu
f.       Juni                                                                                    : 4 Minggu
Jumlah                                                 :26 Minggu


2.      Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a.       Libur Semester 1                                                               :  1 Minggu
b.      Ujian Sekolah                                                                    :  1 Minggu
c.       Ujian praktek                                                                    :  1 Minggu
d.      Ujian Nasional                                                                  :  1 Minggu
e.       Ulangan  Mid Semester II                                                            :  1 Minggu
f.       Ulangan Semester II                                                         :  1 Minggu
g.      Pasca Ujian Semester II                                                    :  1 Minggu
Jumlah                                                 :  7 Minggu


3.      Jumlah minggu efektif                                                          :  26 Minggu – 7 Minggu
   19 Minggu

4.      Jumlah minggu efektif                      : 26 Minggu – 7 Minggu = 19 Minggu
a.       Jumlah jam pelajaran 1 Minggu                                        = 4 jam
b.      Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 4                   = 76 jam
c.       Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester                      
-          Ulangan harian 5 x 2 jam                                            = 10 jam
d.      Jumlah jam efektif   76 – 10                                             = 66 jam                                             


Mengetahui                                                                Pendopo,7 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V



            Mariyani,A.Ma.Pd                                                    Awal martini, S.Pd.I
            Nip 195604031979122002                                         NIP 196103201983032002



RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF



SATUAN PENDIDIKAN                : SD NEGERI  23 PENDOPO
MATA PELAJARAN                      : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER                       : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI      : 4 JAM
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013

1.      Jumlah minggu dalam satu semester
a.       Januari                                                                               : 5 Minggu
b.      Pebruari                                                                             : 4 Minggu
c.       Maret                                                                                 : 4 Minggu
d.      April                                                                                  : 4 Minggu
e.       Mei                                                                                    : 5 Minggu
f.       Juni                                                                                    : 4 Minggu
Jumlah                                                 :26 Minggu

2.      Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a.       Libur Semester 1                                                               :  1 Minggu
b.      Ujian Sekolah                                                                    :  1 Minggu
c.       Ujian praktek                                                                    :  1 Minggu
d.      Ujian Nasional                                                                  :  1 Minggu
e.       Ulangan  Mid Semester II                                                            :  1 Minggu
f.       Ulangan Semester II                                                         :  1 Minggu
g.      Pasca Ujian Semester II                                                    :  1 Minggu
Jumlah                                                 :  7 Minggu


3.      Jumlah minggu efektif                                                          :  26 Minggu – 7 Minggu
   19 Minggu
a.       Jumlah jam pelajaran 1 Minggu                                        = 4 jam
b.      Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 4                   = 76 jam
c.       Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester                      
-          Ulangan harian 5 x 2 jam                                            = 10 jam
d.      Jumlah jam efektif   76 – 10                                             = 66 jam                                             


Mengetahui                                                                Pendopo,7 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V





            Mariyani,A.Ma.Pd                                                    Awal martini, S.Pd.I
            Nip 195604031979122002                                         NIP 196103201983032002



RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF



SATUAN PENDIDIKAN                : SD NEGERI  23 PENDOPO
MATA PELAJARAN                      : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER                       : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI      : 6 JAM
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013

1.      Jumlah minggu dalam satu semester
a.       Januari                                                                               : 5 Minggu
b.      Pebruari                                                                             : 4 Minggu
c.       Maret                                                                                 : 4 Minggu
d.      April                                                                                  : 4 Minggu
e.       Mei                                                                                    : 5 Minggu
f.       Juni                                                                                    : 4 Minggu
Jumlah                                                 :26 Minggu

2.      Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a.       Libur Semester 1                                                               :  1 Minggu
b.      Ujian Sekolah                                                                    :  1 Minggu
c.       Ujian praktek                                                                    :  1 Minggu
d.      Ujian Nasional                                                                  :  1 Minggu
e.       Ulangan  Mid Semester II                                                            :  1 Minggu
f.       Ulangan Semester II                                                         :  1 Minggu
g.      Pasca Ujian Semester II                                                    :  1 Minggu
Jumlah                                                 :  7 Minggu


3.      Jumlah minggu efektif                                                          :  26 Minggu – 7 Minggu
   19 Minggu
a.       Jumlah jam pelajaran 1 Minggu                                        = 6 jam
b.      Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 6                   = 114 jam
c.       Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester                      
-          Ulangan harian 5 x 4 jam                                            = 20 jam
d.      Jumlah jam efektif   114 – 20                                           = 94 jam                                             


Mengetahui                                                                Pendopo,7 Januari 2012
            Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V





            Mariyani,A.Ma.Pd                                                    Awal martini, S.Pd.I
            Nip 195604031979122002                                         NIP 196103201983032002




RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF



SATUAN PENDIDIKAN                : SD NEGERI  01 PENDOPO
MATA PELAJARAN                      : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                       : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI      : 6 JAM
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013

1.      Jumlah minggu dalam satu semester
a.       Januari                                                                               : 5 Minggu
b.      Pebruari                                                                             : 4 Minggu
c.       Maret                                                                                 : 4 Minggu
d.      April                                                                                  : 4 Minggu
e.       Mei                                                                                    : 5 Minggu
f.       Juni                                                                                    : 4 Minggu
Jumlah                                                 :26 Minggu

2.      Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a.       Libur Semester 1                                                               :  1 Minggu
b.      Ujian Sekolah                                                                    :  1 Minggu
c.       Ujian praktek                                                                    :  1 Minggu
d.      Ujian Nasional                                                                  :  1 Minggu
e.       Ulangan  Mid Semester II                                                            :  1 Minggu
f.       Ulangan Semester II                                                         :  1 Minggu
g.      Pasca Ujian Semester II                                                    :  1 Minggu
Jumlah                                                 :  7 Minggu


3.      Jumlah minggu efektif                                                          :  26 Minggu – 7 Minggu
   19 Minggu
a.       Jumlah jam pelajaran 1 Minggu                                        = 6 jam
b.      Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 6                   = 114 jam
c.       Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester                      
-          Ulangan harian 5 x 4 jam                                            = 20 jam
d.      Jumlah jam efektif   114 – 20                                           = 94 jam                                 

     

Mengetahui                                                                Pendopo,7 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V




NUROCHIM,S.Pd                                                    ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
            Nip 196910291993081001                                         NIP 196907111999032003

           



RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF



SATUAN PENDIDIKAN                : SD NEGERI  01 PENDOPO
MATA PELAJARAN                      : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER                       : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI      : 3 JAM
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013

1.      Jumlah minggu dalam satu semester
a.       Januari                                                                               : 5 Minggu
b.      Pebruari                                                                             : 4 Minggu
c.       Maret                                                                                 : 4 Minggu
d.      April                                                                                  : 4 Minggu
e.       Mei                                                                                    : 5 Minggu
f.       Juni                                                                                    : 4 Minggu
Jumlah                                                 :26 Minggu

2.      Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a.       Libur Semester 1                                                               :  1 Minggu
h.      Ujian Sekolah                                                                    :  1 Minggu
i.        Ujian praktek                                                                    :  1 Minggu
j.        Ujian Nasional                                                                  :  1 Minggu
k.      Ulangan  Mid Semester II                                                            :  1 Minggu
l.        Ulangan Semester II                                                         :  1 Minggu
m.    Pasca Ujian Semester II                                                    :  1 Minggu
Jumlah                                                 :  7 Minggu


3.      Jumlah minggu efektif                                                          :  26 Minggu – 7 Minggu
   19 Minggu
a.       Jumlah jam pelajaran 1 Minggu                                        = 6 jam
b.      Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 3                   = 57 jam
c.       Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester                      
-          Ulangan harian 5 x 3 jam                                            = 15 jam
d.      Jumlah jam efektif   57 – 15                                             = 42 jam                                             

Mengetahui                                                                Pendopo,7 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V





NUROCHIM,S.Pd                                                    ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
            Nip 196910291993081001                                         NIP 196907111999032003






SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah               : SD NEGERI 01 PENDOPO

Mata Pelajaran              : SAINS

Kelas/Program              : V / SEKOLAH DASAR

Semester                      : 2 (dua)

Standar Kompetensi         : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1   Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)



Energi dan Perubahannya

A.  Gaya magnet (Hlm.102)

B.  Gaya gravitasi (Hlm.114)

C.  Gaya gesekan (Hlm.116)


o  Memahami peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan
o  Memahami istilah magnet
o  Melakukan kegiatan 5.1 s.d 5.12
o  Mengerjakan tugas 5.1 s.d 5.2
o  Menyebutkan beberapa kegunaan dari magnet
-   Pengunci kotak pensil
-   Kompas
-   Dinamo
-   Alat pengangkut benda dari besi
o  Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
-   Induksi
-   Gosokan
-   Aliran listrik
o  Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
o  Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-   Segala benda di Bumi menjadi kacau
-   Setiap benda tidak lagi memiliki berat
-   Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi

o  Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
o  Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,.
o  Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
-   Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
-   Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak
-   Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
o  Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
-   Bahan karet
-   Paku-paku atau pul
o  Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-   Menghambat gesekan
-   Memboroskan energi
-   Mengikis permukaan yang bergesekan
o  Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-   Memasang roda
-   Memasang bantalan peluru
-   Menghaluskan permukaan benda
-   Menghambat gerakan
-   Mengikis permukaan yang bergesekan
-   Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan

o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Membuat magnet.

o  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.

o  Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).


o  Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.

o  Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.



Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif











Sumber:
Buku SAINS SD


Alat:
-  Magnet, peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris

-  Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng.


5.2   Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat



Energi dan Perubahannya

D.  Pesawat sederhana (Hlm.120)

E.  Jenis-jenis pesawat sederhana (Hlm.120)



o  Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
o  Melakukan kegiatan 5.13 s.d 5.16
o  Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
-   melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
-   mengubah arah gaya yang kita lakukan
-   menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
o  Menyebutkan jenis pesawat sederhana
-   Tuas (pengukit)
-   Bidang miring
-    Katrol
-    Roda


o  Memahami pengertian
-   Tuas (pengukit)
-   Bidang miring
-    Katrol
-    Roda

o  Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
o  Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana
o  Menyebutkan bidang miring
-   Kapak
-   Pisau
-   Linggis
-   Obeng
-   Paku ulir
-   Sekrup
o  Menyebutkan jenis katrol
-   Katrol tetap
-   Katrol bebas
-   Katrol majemuk
o  Menyebutkan penggunaan katrol dan roda


o  Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.

o  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.

o  Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.

o  Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif






Sumber:
Buku SAINS SD

Alat:
-  Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih, sendok.

-  Dua buah sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu

-  Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng.





Standar Kompetensi         : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya


Cahaya Dan Sifat-Sifatnya

A.    Sifat cahaya (Hlm.141)

B.    Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan. (Hlm.150)


o  Memahami peta konsep tentang cahaya
o  Melakukan kegiatan 6.1 s.d 6.9
o  Menyebutkan sifat cahaya :
-   cahaya merambat lurus
-   cahaya menembus benda bening
-   cahaya dapat dipantulkan.
-   cahaya dapat dibiaskan
-   cahaya putih terdiri dari berbagai warna
o  Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
o  Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung.
o  Memahami istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal, spektrum.
o  Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.




o  Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
o  Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
o  Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak
-   Membaca di tempat terang
-   Tidak memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan.
o  Mengetahui cacat mata
-   Rabun jauh
-   Rabun dekat
-   Cacat mata tua

o  Menyebutkan alat-alat optik yang lain
-   Kaca pembesar
-   Kamera
-   Mikroskop
-   Teropong
-   Periskop
-   Overhead proyektor
o 

o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).

o  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).

o  Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.

o  Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.

o  Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif










Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:
-  Karton tebal, tiga kayu, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, triplek, plastik bening, botol bening, air jernih dan berlumpur

-  Senter, cermin datar, kertas hitam, sendok makan, pulpen, pensil, mangkuk bening,baskom, selembar kertas putih.


6.2   Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.




Cahaya Dan Sifat-Sifatnya

C.  Karya berteknologi sederhana (hlm.155)








Cahaya Dan Sifat-Sifatnya

C.  Karya berteknologi sederhana


o  Membuat kaca pembesar dari air

o  Membuat kaca pembesar dari bohlam

o  Membuat kamera lubang jarum
o  Membuat spektrum cahaya



o  Membuat kaleidoskop
o  Membuat cakram warna
o  Membuat periskop


o  Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana.

o  Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.



o  Menggunakan bahan/benda yang sesuai.
o  Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o  Menguji cara kerja model yang dibuat.
o  Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o  Menerapkan prinsip keselamatan kerja.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Membuat kaca pembesar dari
-     Air
-     Bohlam

Membuat kamera lubang jarum

Membuat spektrum cahaya



Membuat cakram warna

Membuat periskop




Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas V

Alat:
-  Plastik, rantang, panci besar, air, garam dapur, bongkahan es
-  Kertas karton, pelubang kertas, kotak kecil, segelas air putih, sendok kecil, kertas koran.
-  Bohlam bekas, obeng, olastik, karet gelang, air jernih, kertas koran
-  Kaleng susu bekas tanpa penutup, karet gelang, kertas kalkir, paku, palu besi
-  Kertas karton putih, gelas bening, kertas karton berwarna gelap, senter
-  Kotak bekas pasta gigi, kertas potongan kertas beraneka warna, karton, gunting, lem, dan penggaris,
-  Karton warna putih, benang kelos dua utas, cat air warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila,  dan ungu, gunting, penggaris, kuas, jangka.


Standar Kompetensi         : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1   Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan


Bumi dan Alam Semesta

A.  Proses pembentukan tanah)



o  Memahami apa itu pelapukan

o  Mengetahui jenis pelapukan dan memahami prosesnya
-   Pelapukan fisika
-   Pelapukan kimia
-   Pelapukan biologi

o  Menyebutka jenis tanah berdasarkan komposisi penyusunnya
-   Tanah berpasir
-   Tanah berhumus
-   Tanah liat
-   Tanah berkapur


o  Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan.


Tugas Individu



Uraian Objektif









Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:
-   

7.2   Mengidentifikasi jenis-jenis tanah


Bumi dan Alam Semesta

B.  Proses pembentukan tanah)





o  Mengetahui jenis batuan berdasarkan cara pembentukkannya
-   Batuan beku
-   Batuan sedimen
-   Batuan metamorf

o  Memahami pembentukan batuan beku dan mengetahui contohnya :



-   Batu apung
-   Batu obsidian
-   Batu granit
-   Batu basal

o  Memahami pembentukan batuan sedimen dan mengetahui contohnya :
-   Konglomerat
-   Batu pasir Batuh serpih
-   Batu gamping
-   Breksi

o  Memahami pembentukan batuan metamorf dan mengetahui contohnya :
-   Batu pualam
-   Batu sabak


o  Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus.



Tugas Individu



Uraian Objektif








Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:



7.3   Mendeskripsikan struktur bumi


Bumi dan Alam Semesta

A.  Mengenal Struktur Bumi.




o  Memahami peta konsep bumi

o  Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi
-   Lapisan Atmosfer
-   Lapisan Kerak Bumi
-   Lapisan Mantel Bumi
-   Lapisan Inti Bumi Luar
-   Lapisan Inti Bumi Dalam

o  Memahami fungsi dari lapisan atmosfer







o  Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan
-   Lapisan Troposfer
-   Lapisan Stratosfer
-   Lapisan Mesosfer
-   Lapisan Termosfer

o  Mengetahui unsur pembentukan
-   Lapisan Mantel bumi  terbentuk dari mineral silikat
-   Lapisan Inti bumi luar terbentuk dari besi, nikel dan zat lain.
-   Lapisan inti bumi terbentuk dari besi dan nikel padat.


o  Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) 



Tugas Individu

Uraian Objektif




Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:


7.4   Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya


Bumi dan Alam Semesta

B.    Daur Air.

o  Memahami peta konsep tentang air

o  Menyebutkan kegunaan air
-   Minuman
-   Pembersih
-   Sarana olahraga

o  Memahami daur air

o  Mengambar skema daur air




o  Menjelaskan pentingnya air.

o  Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar.








Tugas Individu

Uraian Objektif




Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:


7.5   Mendeskripsikan perlunya penghematan air


Bumi dan Alam Semesta

C.    Daur Air. (



o  Memahami peta konsep tentang air

o  Memahami kegiatan manusia terhadap daur air


o  Menyebutkan kerusakan akibat kegiatan manusia
-   hujan asam
-   air limbah

o  Memahami bahwa air tidak akan habis karena adanya daur air

o  Memahami bahwa persediaan air  bersih semakin berkurang.

o  Menyebutkan cara menghemat air


o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.


o  Melakukan pembiasaan cara menghemat air.



Uraian Objektif




Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:


7.6   Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan


Bumi dan Alam Semesta

C.    Peristiwa Alam di Indonesia      
D.    Sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui.


o  Memahami bahwa peritiwa alam ada yang dapat di cegah dan ada yang tidak dapat dicegah

o  Menyebutkan aktivitas alam
-   Gempa bumi
-   Tsunami
-   Gunung meletus
-   Banjir
-   Tanah longsor
-   Topan badai

o  Menyebutkan cara mencegah banjir dan menghemat sumber daya alam

o  Menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbarui




o  Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus.

o  Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan.




Uraian Objektif


Tugas 7.1
Hlm.185


Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:


7.7   Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)


Bumi dan Alam Semesta

E.    Cara menggunakan sumber daya alam.


o  Memahami cara menggunakan sumber daya alam
-   Tumbuhan dan hewan  dipelihara dan dikembangbiakan
-   Waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan
-   Bahan tambang dibuat tempat penambangan

o  Memahami apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.
-   Menghemat penggunaan air dan listrik
-   Membuang sampah pada tempat sampah
-   Menanami lingkungan dengan tumbuhan


o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.









Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:






Mengetahui                                                                                                                                                    Pendopo,7 Januari 2013
            Kepala Sekolah                                                                                                                                             Guru Kelas V





NUROCHIM,S.Pd                                                                                                                                        ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
            Nip 196910291993081001                                                                                                                             NIP 196907111999032003