RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 23 PENDOPO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI : 4 JAM
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
1. Jumlah minggu dalam satu semester
a. Januari : 5 Minggu
b. Pebruari : 4 Minggu
c. Maret : 4 Minggu
d. April : 4 Minggu
e. Mei : 5 Minggu
f. Juni : 4 Minggu
Jumlah :26 Minggu
2. Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a. Libur Semester 1 : 1 Minggu
b. Ujian Sekolah : 1 Minggu
c. Ujian praktek : 1 Minggu
d. Ujian Nasional : 1 Minggu
e. Ulangan Mid Semester II : 1 Minggu
f. Ulangan Semester II : 1 Minggu
g. Pasca Ujian Semester II : 1 Minggu
Jumlah : 7 Minggu
3. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu
19 Minggu
4. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu = 19 Minggu
a. Jumlah jam pelajaran 1 Minggu = 4 jam
b. Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 4 = 76 jam
c. Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester
- Ulangan harian 5 x 2 jam = 10 jam
d. Jumlah jam efektif 76 – 10 = 66 jam
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas V
Mariyani,A.Ma.Pd Awal martini, S.Pd.I
Nip 195604031979122002 NIP 196103201983032002
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 23 PENDOPO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI : 4 JAM
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
1. Jumlah minggu dalam satu semester
a. Januari : 5 Minggu
b. Pebruari : 4 Minggu
c. Maret : 4 Minggu
d. April : 4 Minggu
e. Mei : 5 Minggu
f. Juni : 4 Minggu
Jumlah :26 Minggu
2. Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a. Libur Semester 1 : 1 Minggu
b. Ujian Sekolah : 1 Minggu
c. Ujian praktek : 1 Minggu
d. Ujian Nasional : 1 Minggu
e. Ulangan Mid Semester II : 1 Minggu
f. Ulangan Semester II : 1 Minggu
g. Pasca Ujian Semester II : 1 Minggu
Jumlah : 7 Minggu
3. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu
19 Minggu
a. Jumlah jam pelajaran 1 Minggu = 4 jam
b. Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 4 = 76 jam
c. Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester
- Ulangan harian 5 x 2 jam = 10 jam
d. Jumlah jam efektif 76 – 10 = 66 jam
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas V
Mariyani,A.Ma.Pd Awal martini, S.Pd.I
Nip 195604031979122002 NIP 196103201983032002
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 23 PENDOPO
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI : 6 JAM
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
1. Jumlah minggu dalam satu semester
a. Januari : 5 Minggu
b. Pebruari : 4 Minggu
c. Maret : 4 Minggu
d. April : 4 Minggu
e. Mei : 5 Minggu
f. Juni : 4 Minggu
Jumlah :26 Minggu
2. Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a. Libur Semester 1 : 1 Minggu
b. Ujian Sekolah : 1 Minggu
c. Ujian praktek : 1 Minggu
d. Ujian Nasional : 1 Minggu
e. Ulangan Mid Semester II : 1 Minggu
f. Ulangan Semester II : 1 Minggu
g. Pasca Ujian Semester II : 1 Minggu
Jumlah : 7 Minggu
3. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu
19 Minggu
a. Jumlah jam pelajaran 1 Minggu = 6 jam
b. Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 6 = 114 jam
c. Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester
- Ulangan harian 5 x 4 jam = 20 jam
d. Jumlah jam efektif 114 – 20 = 94 jam
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2012
Kepala Sekolah Guru Kelas V
Mariyani,A.Ma.Pd Awal martini, S.Pd.I
Nip 195604031979122002 NIP 196103201983032002
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 01 PENDOPO
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI : 6 JAM
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
1. Jumlah minggu dalam satu semester
a. Januari : 5 Minggu
b. Pebruari : 4 Minggu
c. Maret : 4 Minggu
d. April : 4 Minggu
e. Mei : 5 Minggu
f. Juni : 4 Minggu
Jumlah :26 Minggu
2. Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a. Libur Semester 1 : 1 Minggu
b. Ujian Sekolah : 1 Minggu
c. Ujian praktek : 1 Minggu
d. Ujian Nasional : 1 Minggu
e. Ulangan Mid Semester II : 1 Minggu
f. Ulangan Semester II : 1 Minggu
g. Pasca Ujian Semester II : 1 Minggu
Jumlah : 7 Minggu
3. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu
19 Minggu
a. Jumlah jam pelajaran 1 Minggu = 6 jam
b. Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 6 = 114 jam
c. Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester
- Ulangan harian 5 x 4 jam = 20 jam
d. Jumlah jam efektif 114 – 20 = 94 jam
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
Nip 196910291993081001 NIP 196907111999032003
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 01 PENDOPO
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : V / II
JUMLAH JAM PERMUNGGI : 3 JAM
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
1. Jumlah minggu dalam satu semester
a. Januari : 5 Minggu
b. Pebruari : 4 Minggu
c. Maret : 4 Minggu
d. April : 4 Minggu
e. Mei : 5 Minggu
f. Juni : 4 Minggu
Jumlah :26 Minggu
2. Jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester
a. Libur Semester 1 : 1 Minggu
h. Ujian Sekolah : 1 Minggu
i. Ujian praktek : 1 Minggu
j. Ujian Nasional : 1 Minggu
k. Ulangan Mid Semester II : 1 Minggu
l. Ulangan Semester II : 1 Minggu
m. Pasca Ujian Semester II : 1 Minggu
Jumlah : 7 Minggu
3. Jumlah minggu efektif : 26 Minggu – 7 Minggu
19 Minggu
a. Jumlah jam pelajaran 1 Minggu = 6 jam
b. Jumlah seluruh jam dalam 1 Semester 19 x 3 = 57 jam
c. Jumlah jam tidak efektif dalam 1 semester
- Ulangan harian 5 x 3 jam = 15 jam
d. Jumlah jam efektif 57 – 15 = 42 jam
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
Nip 196910291993081001 NIP 196907111999032003
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah : SD NEGERI 01 PENDOPO
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) | Energi dan Perubahannya A. Gaya magnet (Hlm.102) B. Gaya gravitasi (Hlm.114) C. Gaya gesekan (Hlm.116) | o Memahami peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan o Memahami istilah magnet o Melakukan kegiatan 5.1 s.d 5.12 o Mengerjakan tugas 5.1 s.d 5.2 o Menyebutkan beberapa kegunaan dari magnet
o Memahami cara pembutan magnet dengan cara : - Induksi - Gosokan - Aliran listrik o Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi o Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi - Segala benda di Bumi menjadi kacau - Setiap benda tidak lagi memiliki berat - Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi o Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda. o Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,. o Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek - Membantu benda bergerak tanpa tergelincir - Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak - Menahan benda-benda agar tidak bergeser. o Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan : - Bahan karet - Paku-paku atau pul o Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek - Menghambat gesekan - Memboroskan energi - Mengikis permukaan yang bergesekan o Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan - Memasang roda - Memasang bantalan peluru - Menghaluskan permukaan benda - Menghambat gerakan - Mengikis permukaan yang bergesekan - Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan | o Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis. o Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan. o Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari. o Membuat magnet. o Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. o Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi. o Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus). o Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan. o Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Alat: - Magnet, peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris - Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng. | ||||||||
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat | Energi dan Perubahannya D. Pesawat sederhana (Hlm.120) E. Jenis-jenis pesawat sederhana (Hlm.120) | o Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana o Melakukan kegiatan 5.13 s.d 5.16 o Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana - melipatgandakan gaya atau kemampuan kita - mengubah arah gaya yang kita lakukan - menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan o Menyebutkan jenis pesawat sederhana
o Memahami pengertian
o Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya o Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana o Menyebutkan bidang miring
o Menyebutkan jenis katrol
o Menyebutkan penggunaan katrol dan roda | o Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda. o Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda. o Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana. o Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Alat: - Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih, sendok. - Dua buah sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu - Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng. |
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya | Cahaya Dan Sifat-Sifatnya A. Sifat cahaya (Hlm.141) B. Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan. (Hlm.150) | o Memahami peta konsep tentang cahaya o Melakukan kegiatan 6.1 s.d 6.9 o Menyebutkan sifat cahaya : - cahaya merambat lurus - cahaya menembus benda bening - cahaya dapat dipantulkan. - cahaya dapat dibiaskan - cahaya putih terdiri dari berbagai warna o Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. o Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung. o Memahami istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal, spektrum. o Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. o Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya o Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil. o Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak - Membaca di tempat terang - Tidak memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan. o Mengetahui cacat mata
o Menyebutkan alat-alat optik yang lain
o | o Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap). o Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). o Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan. o Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna. o Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Karton tebal, tiga kayu, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, triplek, plastik bening, botol bening, air jernih dan berlumpur - Senter, cermin datar, kertas hitam, sendok makan, pulpen, pensil, mangkuk bening,baskom, selembar kertas putih. | ||||
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya. | Cahaya Dan Sifat-Sifatnya C. Karya berteknologi sederhana (hlm.155) Cahaya Dan Sifat-Sifatnya C. Karya berteknologi sederhana | o Membuat kaca pembesar dari air o Membuat kaca pembesar dari bohlam o Membuat kamera lubang jarum o Membuat spektrum cahaya o Membuat kaleidoskop o Membuat cakram warna o Membuat periskop | o Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana. o Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai. o Menggunakan bahan/benda yang sesuai. o Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan. o Menguji cara kerja model yang dibuat. o Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik. o Menerapkan prinsip keselamatan kerja. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Membuat kaca pembesar dari - Air - Bohlam Membuat kamera lubang jarum Membuat spektrum cahaya Membuat cakram warna Membuat periskop | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - Plastik, rantang, panci besar, air, garam dapur, bongkahan es - Kertas karton, pelubang kertas, kotak kecil, segelas air putih, sendok kecil, kertas koran. - Bohlam bekas, obeng, olastik, karet gelang, air jernih, kertas koran - Kaleng susu bekas tanpa penutup, karet gelang, kertas kalkir, paku, palu besi - Kertas karton putih, gelas bening, kertas karton berwarna gelap, senter - Kotak bekas pasta gigi, kertas potongan kertas beraneka warna, karton, gunting, lem, dan penggaris, - Karton warna putih, benang kelos dua utas, cat air warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, gunting, penggaris, kuas, jangka. |
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan | Bumi dan Alam Semesta A. Proses pembentukan tanah) | o Memahami apa itu pelapukan o Mengetahui jenis pelapukan dan memahami prosesnya - Pelapukan fisika - Pelapukan kimia - Pelapukan biologi o Menyebutka jenis tanah berdasarkan komposisi penyusunnya - Tanah berpasir - Tanah berhumus - Tanah liat - Tanah berkapur | o Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan. | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: - |
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah | Bumi dan Alam Semesta B. Proses pembentukan tanah) | o Mengetahui jenis batuan berdasarkan cara pembentukkannya - Batuan beku - Batuan sedimen - Batuan metamorf o Memahami pembentukan batuan beku dan mengetahui contohnya : - Batu apung - Batu obsidian - Batu granit - Batu basal o Memahami pembentukan batuan sedimen dan mengetahui contohnya : - Konglomerat - Batu pasir Batuh serpih - Batu gamping - Breksi o Memahami pembentukan batuan metamorf dan mengetahui contohnya : - Batu pualam - Batu sabak | o Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus. | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi | Bumi dan Alam Semesta A. Mengenal Struktur Bumi. | o Memahami peta konsep bumi o Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi - Lapisan Atmosfer - Lapisan Kerak Bumi - Lapisan Mantel Bumi - Lapisan Inti Bumi Luar - Lapisan Inti Bumi Dalam o Memahami fungsi dari lapisan atmosfer o Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan - Lapisan Troposfer - Lapisan Stratosfer - Lapisan Mesosfer - Lapisan Termosfer o Mengetahui unsur pembentukan - Lapisan Mantel bumi terbentuk dari mineral silikat - Lapisan Inti bumi luar terbentuk dari besi, nikel dan zat lain. - Lapisan inti bumi terbentuk dari besi dan nikel padat. | o Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya | Bumi dan Alam Semesta B. Daur Air. | o Memahami peta konsep tentang air o Menyebutkan kegunaan air - Minuman - Pembersih - Sarana olahraga o Memahami daur air o Mengambar skema daur air | o Menjelaskan pentingnya air. o Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar. | Tugas Individu | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air | Bumi dan Alam Semesta C. Daur Air. ( | o Memahami peta konsep tentang air o Memahami kegiatan manusia terhadap daur air o Menyebutkan kerusakan akibat kegiatan manusia - hujan asam - air limbah o Memahami bahwa air tidak akan habis karena adanya daur air o Memahami bahwa persediaan air bersih semakin berkurang. o Menyebutkan cara menghemat air | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. o Melakukan pembiasaan cara menghemat air. | | Uraian Objektif | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan | Bumi dan Alam Semesta C. Peristiwa Alam di Indonesia D. Sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui. | o Memahami bahwa peritiwa alam ada yang dapat di cegah dan ada yang tidak dapat dicegah o Menyebutkan aktivitas alam - Gempa bumi - Tsunami - Gunung meletus - Banjir - Tanah longsor - Topan badai o Menyebutkan cara mencegah banjir dan menghemat sumber daya alam o Menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbarui | o Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus. o Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan. | | Uraian Objektif | Tugas 7.1 Hlm.185 | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) | Bumi dan Alam Semesta E. Cara menggunakan sumber daya alam. | o Memahami cara menggunakan sumber daya alam - Tumbuhan dan hewan dipelihara dan dikembangbiakan - Waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan - Bahan tambang dibuat tempat penambangan o Memahami apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam. - Menghemat penggunaan air dan listrik - Membuang sampah pada tempat sampah - Menanami lingkungan dengan tumbuhan | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi. | | | | | Sumber: Buku SAINS SD Kelas V Alat: |
Mengetahui Pendopo,7 Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,A.Pd.M.Pd
Nip 196910291993081001 NIP 196907111999032003
0 Komentar