Nama Kepala Sekolah : ELIS KOMARIAH, S.Pd. M.Pd
Instansi : SD Negeri 10 Pendopo Kab.Empat Lawang SUMSEL
Tugas 06. Memecahkan Masalah Pembelajaran
No |
Masalah Utama Pembelajaran |
Gagasan Pemecahan Masalah Pembelajaran (Solusi)*) |
Solusi /Tindakan Terbaik |
Langkah-langkah Rencana Tindak |
a |
b |
c |
d |
e |
|
Ø Rendahnya kompetensi guru dalam model-model pembelajaran
|
Ø Mengoptimalkan kegiatan KKG Kecil Ø Mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran Ø Mengoptimalkan supervisi
|
Ø Mengoptimalkan kegiatan KKG Kecil
|
1. Melakukan rapat terorganisir bersama guru, tenaga pendidik, dan komite sekolah; 2. Membuat jadwal untuk melaksanaakn kegiatan KKG kecil, seluruh guru diwajibkan aktif dalam KKG Kecil 3. Menyiapkan ruangan untuk kegiatan KKG Kecil 4. Membuat media pembelajaran sederhana 5. Membuat jadwal supervisi 6. Melakukan supervisi secara berkala dan berkesinambungan
|
*)diisi lebih dari 2 (dua)
Petunjuk pengisian instrumen pemecahan masalah pembelajaran:
1. Kolom “a” diisi dengan nomor urut;
2. Kolom “b” diisi dengan masalah utama pembelajaran yang diisi lebih dari 2 (dua) dengan mengacu pada hasil isian pada instrumen identifikasi masalah (tugas 02);
3. Kolom “c” diisi gagasan pemecahan masalah pembelajaran untuk memecahkan masalah pada kolom “b”;
4. Kolom “d” diisi dengan solusi/tindakan terbaik dalam rangka mengatasi masalah;
5. Kolom “e” diisi dengan langkah-langkah rencana tindak dalam menyelesaikan masalah.
Rubrik Penilaian
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
Seluruh indikator terpenuhi |
1. Masalah utama yang dituliskan merupakan masalah yang menjadi prioritas mendesak diselesaikan mengacu kepada instrumen identifikasi masalah pada OJT 1 2. Gagasan pemecahan masalah terdiri dari beberapa alternatif (minimal dua) yang dapat menyelesaikan masalah utama 3. Solusi/tindakan terbaik tepat menyelesaikan masalah 4. Langkah-langkah rencana tindak bersifat aplikatif, logis, dan taktis |
81 – 90,99 |
Minimal tiga indikator terpenuhi |
|
71 – 80,99 |
Dua indikator terpenuhi |
|
< 70,99 |
Satu indikator terpenuhi |
0 Komentar