KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/I
No | Setandar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Tes | Nomor Soal |
1 | 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia | - Menjelaskan pengertian NKRI | Pilihan Ganda | 1 |
Uraian | 1 | |||
- Menjelaskan cita-cita dan tujuan negara Indonesia | Uraian | 2 | ||
- Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI | Pilihan Ganda | 2 | ||
- Menyebutkan pulau bagian NKRI | Pilihan Ganda | 3 | ||
- Menyebutkan dasar hukum NKRI | Pilihan Ganda | 4 | ||
- Menyebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI | Uraian | 3 | ||
| 1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | - Menyebutkan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan tanggal 28 Oktober 1928 | Pilihan ganda | 5 |
- Menjelaskan arti Bhineka Tunggal Ika | Uraian | 4 | ||
- Menjelaskan manfaat menjaga keutuhan Indonesia | Pilihan Ganda | 6 | ||
| 1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | - Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia | Pilihan ganda | 7,8 |
- Menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia | Pilihan ganda/ | 9,10 | ||
Uraian | 5 |
Mengetahui Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001 NIP.196907111999032003
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 1. Negara yang wilayahnya membentang antara kota Sabang dan kota Merauke adalah a. Negara Malaysia b. Negara Kesatuan Republik Indonesia c. Negara Pilipina d. Negara Singapura | |
Indokator - Menjelaskan pengertian NKRI | | |
Kunci Jawaban : B | Nomor Soal : 1 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 2. Negara Indonesia berada di …. a. 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT b. 60 LS – 11o LU dan 90o BT – 140o BT c. 95o LU – 11o LS dan 6o BT – 141o BT d. 11o LU – 140o LS dan 6o BT – 140o BT | |
Indokator - Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI | | |
Kunci Jawaban : A | Nomor Soal : 2 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 3. Dibawah ini, nama pulau yang merupakan bagian Indonesia adalah kecuali : a. Pulau Kalimantan b. Pulau Sumatra c. Pulau Jawa d. Pulau Britania | |
Indokator - Menyebutkan pulau bagian NKRI | | |
Kunci Jawaban : D | Nomor Soal : 3 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 2. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 4. Dasar hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah : a. Pancasila b. Sumpah Pemuda c. Peraturan Menteri d. UUD | |
Indikator - Menyebutkan dasar hokum NKRI | | |
Kunci Jawaban : A | Nomor Soal : 4 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 5. Pernyataan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia adalah isi dari : a. Sumpah Indonesia b. Sumpah Pemuda c. Sumpah Rakyat Indonesia d. Sumpah Serapah | |
Indikator - Menyebutkan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan 28 Oktober 1928 | | |
Kunci Jawaban : A | Nomor Soal : 5 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rumusan Butir Soal 6. Apabila keadaan Negara aman dan damai maka kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan ….. a. Terganggu b. Tersendat-sendat c. Lancar d. lambat | |
Indikator - Menjelaskan manfaat menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : C | Nomor Soal : 6 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia | Rumusan Butir Soal 7. Dibawah ini adalah contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia, kecuali : a. Menjadi anggota TNI b. Menjadi anggota Kepolisian c. Ikut pelatihan dasar kemiliteran d. Ikut menjadi anggotan GAM | |
Indikator - Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : D | Nomor Soal : 7 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia | Rumusan Butir Soal 8. Agar masyarakat aman dan tentram, maka semua warga masyarakat harus taat …. a. Kepada pemuka agama b. Kepada pejabat setempat c. Kepada aturan yang berlaku d. Kepada pemuka masyarakat | |
Indokator - Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : C | Nomor Soal : 8 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia | Rumusan Butir Soal 9. Dibawah ini adalah cara pelajar ikut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan Indonesia, kecuali : a. Melaksanakan 6 K b. Berperan aktif dalam kegiatan Pramuka c. Ikut demon untuk kepentingan sendiri d. Aktif belajar | |
Indikator - menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : C | Nomor Soal : 8 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia | Rumusan Butir Soal 10. Andi adalah siswa kelas V SDN Jaya makmur ,telah turut menjaga keutuhan Indonesia jika dia ……. a. Bermalas-malasan belajar b. Mematuhi tata tertib c. Mengabaikan nasihat guru d. Mengejek Jono yang bersuku Jawa | |
Indokator - menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : B | Nomor Soal : 10 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 6 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Uraian Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan NKRI | Rumusan Butir Soal 1. Apa yang dimaksud dengan NKRI ? | |
Indikator - menjelaskan pengertian NKRI | | |
Kunci Jawaban : Negara yang wilayahnya membentang antara kota Sabang sampai kota Merauke | Nomor Soal : 1 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu :6 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Uraian Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan NKRI | Rumusan Butir Soal 2. Jelaskan cita-cita bangsa dan tujuan Negara Indonesia! | |
Indokator - menjelaskan cita-cita dan tujuan Negara Indonesia | | |
Kunci Jawaban : Membentuk masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila | Nomor Soal : 2 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 6 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Uraian Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.1 Mendeskripsikan NKRI | Rumusan Butir Soal 3 .Sebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI ? | |
Indikator - Menyebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI | | |
Kunci Jawaban : 1. Ir. Soekarno 2. Drs. Moh.Hatta 3. Ahmad Soebarjo | Nomor Soal : 3 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 6 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Uraian Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI | Rumusan Butir Soal 4. Apa yang dimaksud dengan semboyan “ Bhineka Tunggal Ika ? | |
Indokator - Menjelaskan arti Bhineka Tunggal Ika | | |
Kunci Jawaban : Walupun berbeda-beda tetapi satu jua. | Nomor Soal : 4 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 6 menit
Mata Pelajaran: PPKn Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Uraian Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1.3 Menunjukan contoh –contoh prilaku dalam menjaga keutuhan NKRI | Rumusan Butir Soal 5 . Berikan 3 contoh cara pelajar ikut menjaga keutuhan Indonesia ! | |
Indokator - Menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia | | |
Kunci Jawaban : 1. Menjadi anggota UKS 2. Patuh pada tata tertib sekolah 3. Rajin belajar | Nomor Soal : 5 |
KISI-KISI SOAL DAN KARTU SOAL
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS V SEMESTER I
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/I
No | Setandar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Tes | Nomor Soal |
1 | 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia | - Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia | Pilihan ganda | 1,2 |
- Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman | Pilihan ganda | 3 | ||
Uraian | 1 | |||
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | - Mengidentifikasi alat pernapasan pada beberapa hewan (ikan dan cacing tanah) | Pilihan ganda | 4 | |
Uraian | 2 | |||
| 1.3 Mengidentifikasi fungsi organ percernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan jesehatan | - Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia | Pilihan ganda | 5 |
Uraian | 3 | |||
- Menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan makanan | Pilihan ganda | 6 | ||
Uraian | 4 | |||
- Mengidentifikasi makanan bergizi | Pilihan ganda | 7 | ||
| 1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia | - Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar | Pilihan ganda | 8,9 |
| 1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia | - Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia | Pilihan ganda | 10 |
Uraian | 5 |
Mengetahui Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001 NIP.196907111999032003
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia | Rumusan Butir Soal 1. Berikut adalah alat pernapasan manusia, kecuali : a. Hidung b. Tenggorokan c. Kutikula d. Paru-paru | |
Indikator - Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia | | |
Kunci Jawaban : C | Nomor Soal : 1 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia | Rumusan Butir Soal 2. Cabang dari trakea di sebut : a. Alveolus b. Bronkus c. Email d. amilase | |
Indokator - Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia | | |
Kunci Jawaban : B | Nomor Soal : 2 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia | Rumusan Butir Soal 3 Di bawah ini penyakit yang sering diderita, Jika sering menghisap udara kotor , kecuali : a. Influenza b. Asma c. Brokhitis d. Demam | |
Indikator - Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman | | |
Kunci Jawaban : D | Nomor Soal : 3 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | Rumusan Butir Soal 4 . alat pernapasan pada ikan ialah … a. Hidung b. Paru-paru c. Kulit d. Insang | |
Indokator - Mengidentifikasi alat pernapasan pada beberapa hewan (ikan dan cacing tanah) | | |
Kunci Jawaban : D | Nomor Soal : 4 |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan 1.3 Mengidentifikasi fungsi organ percernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan jesehatan | Rumusan Butir Soal | |
Indikator - Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indokator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indikator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indokator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indikator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indokator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indikator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KARTU SOAL
Jenis Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/I
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Rumusan Butir Soal | |
Indokator - | | |
Kunci Jawaban : | Nomor Soal : |
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V/I
No | Setandar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Tes | Nomor Soal |
1 | 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia 1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | - Menyebutkan 3 nama kerajaan pada masa Hindu di Indonesia | Pilihan ganda | 1 |
- Menyebutkan 3 nama kerajaan pada masaHindu di Indonesia | Pilihan ganda | 2 | ||
- Menyebutkan 3 nama kerajaan pada masa Islam di Indonesia | Pilihan ganda | 3 | ||
- Menyebutkan 3 peninggalan sejarah masa Hindu di Indonesia | Uraian | 1 | ||
- Menyebutkan 3 peninggalan sejarah pada masa Budha di Indonesia | Pilihan ganda | 4 | ||
- Menyebutkan 3 peninggalan sejarah pada masa Islam di Indonesia | Uraian | 2 | ||
| 1.2 Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | - Menuliskan 3 nama raja pada masa Hindu di Indonesia | Pilihan ganda | 5 |
- Menuliskan 3 nama raja pada masa Budha di Indonesia | Uraian | 3 | ||
- Menuliskan 3 nama raja pada masa Islam di Indonesia | Pilihan ganda | 6 | ||
| 1.3 mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | - Menjelaskan letak wilayah Indonesia secara geografis | Pilihan ganda | 7 |
Menyebutkan pengertian relief permukaan bumi Pilihan ganda | Uraian | 4 | ||
- Menyebutkan 3 danau yang terdapat di Indonesia | Uraian | 5 | ||
- Menyebutkan 3 kenampakan alam buatan yang berupa waduk di Indonesia | Pilihan ganda | 8 | ||
- Menyebutkan 3 laut di wilayah Indonesia | Pilihan ganda | 9 | ||
- Menyebutkan 3 nama gunung berapi di Indonesia | Pilihan ganda | 10 |
Mengetahui Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001 NIP.196907111999032003
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/I
No | Setandar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Tes | Nomor Soal |
1 | 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunnan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran | - Menggunakan sifat komutatif | Pilihan ganda | 1 |
- Membulatkan bilangan dalam puluhan dan ratusan terdekat | Uraian | 1 | ||
- Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Pilihan ganda | 2 | ||
2 | 1.2 Menentukan factor prima untuk menentukan KPK dan FPB | - Menentukan FPB dari dua bilangan | Pilihan ganda | 3 |
- Menentukan KPK dari dua bilangan - | Uraian | 2 | ||
3 | 1.3 Menentukann operasi hitung campuran bilangan bulat | - Melakukan penjumlahan dua bilangan lebih dari 100.000 – 500.000 | Pilihan ganda | 4 |
- Mengalikan dengan cara bersusun pendek | Uraian | 3 | ||
- Membagi dengan cara bersusun pendek | Pilihan ganda | 5 | ||
- Melakukan operasi hitung campuran | Uraian | 4 | ||
- Menyelesaikan soal cerita terkait masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | Uraian | | ||
4 | 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | - Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perpangkatan akar sederhana | Pilihan ganda | 6 |
5 | 1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB | - Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung KPK | Pilihan ganda | 7 |
- Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung FPB - | Uraian | 5 | ||
6 | 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,dan kecepatan dalam pemecahan masalah 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | - Menggunakan tanda waktu dengan notasi 24 jam | Pilihan ganda | 8 |
7 | 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu | - Menentukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan | Pilihan ganda | 9 |
- Menentukan operasi hitung perkalian dan pembagian | Pilihan ganda | 10 |
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/I
No | Setandar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Indikator | Bentuk Tes | Nomor Soal |
1 | 1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan 1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahas | - | Pilihan ganda | 1 |
| 1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya | - | | |
| 2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | - | | |
| 2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar | - | | |
| 2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | - | | |
| 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi 3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat | - | | |
| 3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit | - | | |
| 3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat | - | | |
| 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis 4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan | - | | |
| 4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan | - | | |
| 4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya | - | | |
0 Komentar