KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : V/I
No
Setandar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Tes
Nomor Soal
1
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia

-          Menjelaskan pengertian NKRI

Pilihan Ganda
1
Uraian

1

-          Menjelaskan cita-cita dan tujuan negara Indonesia

Uraian


2


-          Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI

Pilihan Ganda


2


-          Menyebutkan pulau bagian NKRI

Pilihan Ganda

3

-          Menyebutkan dasar hukum NKRI

Pilihan Ganda

4

-          Menyebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI

Uraian
3


1.2  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

-          Menyebutkan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan tanggal 28 Oktober 1928
Pilihan ganda


5


-          Menjelaskan arti Bhineka Tunggal Ika
Uraian

4

-          Menjelaskan manfaat menjaga keutuhan Indonesia

Pilihan Ganda
6


1.3   Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-          Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam  menjaga keutuhan Indonesia
Pilihan ganda


7,8


-          Menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia

Pilihan ganda/
9,10
Uraian

5
           
Mengetahui                                                                                         Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas V



NUROCHIM,S.Pd                                                                             ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001                                                                NIP.196907111999032003


KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

1.      Negara yang wilayahnya membentang antara kota Sabang dan kota Merauke adalah
a.       Negara Malaysia
b.      Negara Kesatuan Republik Indonesia
c.       Negara Pilipina
d.      Negara Singapura
Indokator
-          Menjelaskan pengertian NKRI


Kunci Jawaban : B
Nomor Soal  : 1




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

2.      Negara Indonesia berada di ….
a.       6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o  BT
b.      60 LS – 11o LU dan 90o BT – 140o BT
c.       95o LU – 11o LS dan 6o BT – 141o BT
d.      11o LU – 140o LS dan 6o BT – 140o BT
Indokator
-          Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI


Kunci Jawaban : A
Nomor Soal  : 2






KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

3.      Dibawah ini, nama pulau yang merupakan bagian Indonesia adalah kecuali :
a.        Pulau Kalimantan
b.       Pulau Sumatra   
c.       Pulau Jawa
d.      Pulau Britania  
              
Indokator
-          Menyebutkan pulau bagian NKRI


Kunci Jawaban : D
Nomor Soal  : 3




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

4.      Dasar hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah :
a.       Pancasila
b.      Sumpah Pemuda
c.       Peraturan Menteri
d.      UUD
Indikator
-          Menyebutkan dasar hokum NKRI


Kunci Jawaban : A
Nomor Soal  : 4




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.2  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

5.      Pernyataan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia adalah isi dari :
a.       Sumpah Indonesia
b.      Sumpah Pemuda
c.       Sumpah Rakyat Indonesia
d.      Sumpah Serapah
              
Indikator
-          Menyebutkan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan 28 Oktober 1928

Kunci Jawaban : A
Nomor Soal  : 5




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.2  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rumusan Butir Soal

6.      Apabila keadaan Negara aman dan damai maka kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan …..
a.       Terganggu
b.      Tersendat-sendat
c.       Lancar
d.      lambat
Indikator
-          Menjelaskan manfaat menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban : C
Nomor Soal  : 6





KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia
Rumusan Butir Soal

7.      Dibawah ini adalah contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia, kecuali :
a.       Menjadi anggota TNI
b.      Menjadi anggota Kepolisian
c.       Ikut pelatihan dasar kemiliteran
d.      Ikut menjadi anggotan GAM
              
Indikator
-          Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban : D
Nomor Soal  : 7


KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia
Rumusan Butir Soal

8.      Agar masyarakat aman dan tentram, maka semua warga masyarakat harus taat ….
a.       Kepada pemuka agama
b.      Kepada pejabat setempat
c.       Kepada aturan yang berlaku
d.      Kepada pemuka masyarakat
Indokator
-          Menyebutkan contoh partisipasi rakyat dalam menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban : C
Nomor Soal  : 8


KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia
Rumusan Butir Soal

 
9.      Dibawah ini adalah cara pelajar ikut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan Indonesia, kecuali :
a.       Melaksanakan 6 K
b.      Berperan aktif dalam kegiatan Pramuka
c.       Ikut  demon   untuk kepentingan sendiri
d.      Aktif belajar            
Indikator
-          menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban : C
Nomor Soal  : 8




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.3 Menunjukan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia
Rumusan Butir Soal

10.  Andi adalah siswa kelas V SDN Jaya makmur ,telah turut menjaga keutuhan Indonesia jika dia …….
a.       Bermalas-malasan belajar
b.      Mematuhi tata tertib
c.       Mengabaikan nasihat guru
d.      Mengejek Jono  yang  bersuku Jawa
Indokator
-          menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban : B
Nomor Soal  : 10

KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 6  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Uraian                                               Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1 Mendeskripsikan NKRI
Rumusan Butir Soal

1.      Apa yang dimaksud dengan NKRI ?
         
Indikator
-          menjelaskan pengertian NKRI

Kunci Jawaban :
Negara yang wilayahnya membentang antara kota Sabang sampai kota Merauke

Nomor Soal  : 1




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            :6  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Uraian                                               Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1 Mendeskripsikan NKRI
Rumusan Butir Soal

2.      Jelaskan cita-cita bangsa dan tujuan Negara Indonesia!
Indokator
-          menjelaskan cita-cita dan tujuan Negara Indonesia

Kunci Jawaban :
Membentuk masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila
Nomor Soal  : 2







KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 6  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Uraian                                               Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1 Mendeskripsikan NKRI
Rumusan Butir Soal

3   .Sebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI ?         
Indikator
-          Menyebutkan 3 tokoh yang berjasa dalam memproklamasikan NKRI

Kunci Jawaban :
1.      Ir. Soekarno
2.      Drs. Moh.Hatta
3.      Ahmad Soebarjo

Nomor Soal  : 3




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 6  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Uraian                                               Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.2  Menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI
Rumusan Butir Soal

4.   Apa yang dimaksud dengan semboyan “ Bhineka Tunggal Ika ?
Indokator
-          Menjelaskan arti Bhineka Tunggal Ika

Kunci Jawaban :
Walupun berbeda-beda tetapi satu jua.
Nomor Soal  : 4





KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 6  menit
Mata Pelajaran: PPKn                                                 Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Uraian                                               Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.3  Menunjukan contoh –contoh prilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
Rumusan Butir Soal

5 .   Berikan 3 contoh cara pelajar ikut menjaga keutuhan  Indonesia !
Indokator
-          Menjelaskan cara pelajar menjaga keutuhan Indonesia

Kunci Jawaban :
1.      Menjadi anggota UKS
2.      Patuh pada tata tertib sekolah
3.      Rajin belajar
Nomor Soal  : 5

























KISI-KISI SOAL DAN KARTU SOAL
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS V SEMESTER I














KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : V/I

No
Setandar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Tes
Nomor Soal
1
 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

-          Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia
Pilihan ganda

1,2

-          Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
Pilihan ganda

3


Uraian
1
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
-          Mengidentifikasi alat pernapasan pada beberapa hewan (ikan dan cacing tanah)
Pilihan ganda
4
Uraian
2

1.3 Mengidentifikasi fungsi organ percernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan jesehatan
-          Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia
Pilihan ganda
5
Uraian
3
-          Menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan makanan
Pilihan ganda
6
Uraian
4
-          Mengidentifikasi makanan bergizi
Pilihan ganda
7

1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
-          Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar
Pilihan ganda
8,9

1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
-          Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
Pilihan ganda
10
Uraian
5

Mengetahui                                                                                         Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas V



NUROCHIM,S.Pd                                                                             ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001                                                                NIP.196907111999032003



KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

Rumusan Butir Soal

1.      Berikut adalah alat pernapasan manusia, kecuali :
a.       Hidung
b.      Tenggorokan
c.       Kutikula
d.      Paru-paru
Indikator
-          Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia

Kunci Jawaban :

C
Nomor Soal  :

1




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Rumusan Butir Soal

2.      Cabang dari trakea di sebut :
a.       Alveolus
b.      Bronkus
c.       Email
d.      amilase
Indokator
-          Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia

Kunci Jawaban :

B
Nomor Soal  :

2





KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia


Rumusan Butir Soal

3        Di bawah ini penyakit yang sering diderita, Jika sering menghisap udara kotor , kecuali :
a.       Influenza
b.      Asma
c.       Brokhitis
d.      Demam
Indikator
-          Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman

Kunci Jawaban :

D

Nomor Soal  :

3




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

1.       Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.2  Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
Rumusan Butir Soal

4        . alat pernapasan pada ikan ialah …
a.       Hidung
b.      Paru-paru
c.       Kulit
d.      Insang

Indokator
-          Mengidentifikasi alat pernapasan pada beberapa hewan (ikan dan cacing tanah)

Kunci Jawaban :

D

Nomor Soal  :

4

KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ percernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan jesehatan
Rumusan Butir Soal

 
Indikator
-          Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia

Kunci Jawaban :


Nomor Soal  :




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal


Indokator
-           

Kunci Jawaban :

Nomor Soal  :







KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal

 
Indikator
-           

Kunci Jawaban :


Nomor Soal  :




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal


Indokator
-           

Kunci Jawaban :

Nomor Soal  :








KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal

 
Indikator
-           

Kunci Jawaban :


Nomor Soal  :




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal


Indokator
-           

Kunci Jawaban :

Nomor Soal  :






KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal

 
Indikator
-           

Kunci Jawaban :


Nomor Soal  :




KARTU SOAL

Jenis Sekolah   : SDN 1 Unggulan Pendopo               Alokasi Waktu            : 4  menit
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam                    Kelas/Semester            : V/I
Kurikulum       : KTSP                                                            Penyusun                     : ELIS KOMARIAH
Bentuk Tes      : Pilihan Ganda                                   Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar

Rumusan Butir Soal


Indokator
-           

Kunci Jawaban :

Nomor Soal  :




                 

KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V/I

No
Setandar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Tes
Nomor Soal
1
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
-          Menyebutkan 3 nama kerajaan pada masa Hindu di Indonesia
Pilihan ganda

1

-          Menyebutkan 3 nama kerajaan pada  masaHindu di Indonesia
Pilihan ganda

2
-          Menyebutkan 3 nama kerajaan pada masa Islam di Indonesia
Pilihan ganda

3
-          Menyebutkan 3 peninggalan sejarah masa Hindu di Indonesia
Uraian
1
-          Menyebutkan 3 peninggalan sejarah pada masa Budha di Indonesia
Pilihan ganda

4
-          Menyebutkan 3 peninggalan sejarah pada masa Islam di Indonesia
Uraian
2

1.2 Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
-          Menuliskan 3 nama raja pada masa Hindu di Indonesia
Pilihan ganda

5
-          Menuliskan 3 nama raja pada masa Budha di Indonesia
Uraian
3
-          Menuliskan 3 nama raja pada masa Islam di Indonesia
Pilihan ganda

6

1.3 mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
-          Menjelaskan letak wilayah Indonesia secara geografis
Pilihan ganda

7
Menyebutkan pengertian relief permukaan bumi Pilihan ganda
Uraian
4
-          Menyebutkan 3 danau yang terdapat di Indonesia
Uraian
5
-          Menyebutkan 3  kenampakan alam buatan  yang berupa waduk di Indonesia
Pilihan ganda

8
-          Menyebutkan 3 laut di wilayah Indonesia
Pilihan ganda

9
-          Menyebutkan 3 nama gunung berapi di Indonesia
Pilihan ganda
10
Mengetahui                                                                                         Pendopo,17-9-2012
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas V


NUROCHIM,S.Pd                                                                            ELIS KOMARIAH,S.Pd
NIP.196910291993081001                                                                NIP.196907111999032003
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V/I

No
Setandar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Tes
Nomor Soal
1
1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunnan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
-          Menggunakan sifat komutatif

Pilihan ganda
1

-          Membulatkan bilangan dalam puluhan dan ratusan terdekat

Uraian
1
-          Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
Pilihan ganda
2
2
1.2  Menentukan factor prima untuk menentukan KPK dan FPB
-          Menentukan FPB dari dua bilangan
Pilihan ganda
3
-          Menentukan KPK dari dua bilangan
-           
Uraian
2
3
1.3 Menentukann operasi hitung campuran bilangan bulat
-          Melakukan penjumlahan dua bilangan lebih dari 100.000 – 500.000
Pilihan ganda
4
-          Mengalikan dengan cara bersusun pendek
Uraian
3
-          Membagi dengan cara bersusun pendek
Pilihan ganda
5
-          Melakukan operasi hitung campuran
Uraian
4
-          Menyelesaikan soal cerita terkait masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
Uraian

4
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
-          Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan  perpangkatan akar sederhana

Pilihan ganda
6
5
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB
-          Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung KPK
Pilihan ganda
7
-          Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung FPB
-           
Uraian
5
6
2.      Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

-          Menggunakan tanda waktu dengan notasi 24 jam
Pilihan ganda
8
7
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
-          Menentukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan
Pilihan ganda
9
-          Menentukan operasi hitung perkalian dan pembagian
Pilihan ganda
10
















KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER I SDN 1 UNGGULAN PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : V/I

No
Setandar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Tes
Nomor Soal
1
1.      Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat  secara lisan
1.1  Menanggapi penjelasan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahas
-           
Pilihan ganda

1


1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
-           



2.      Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 
2.1  Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
                                                                                           Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 
-           



2.2 Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan bahasa runtut, baik, dan benar  

-           



2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa                                                                                            Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 
-           



3.      Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.1  Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
                                                                                                  Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 
-           



3.2  Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata  per menit 

-           



3.3 Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
-           



4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
4.1  Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan  pilihan kata dan penggunaan ejaan
      
-           



4.2  Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

-           



4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga  tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
-