KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER II SDN 1 UNGGULAN
PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : V/II
No
|
Setandar
Kompetensi/
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
Nomor Soal
|
1
|
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan
kemerdekaan Indonesia
2.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
|
-
Menyebutkan bangsa Eropa yang pertama kali datang
ke Indonesia
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
-
Menyebutkan nama gubernur VOC pertama di Indonesia
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
||
-
Menyebutkan nama Gubernur Belanda yang menggerakan pembuatan jalan raya
Anyer-Panarukan
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
||
-
Menyebutkan nama tokoh yang mendapat julukan Ayan
Jantan dari Timur
|
Pilihan
Ganda
|
4
|
||
-
Menyebutkan nama pemimpin perlawanan di Sumatera
Barat
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
||
-
Menyebutkan judul buku yang telah menyebabkan
tanam paksa dibubarkan
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
||
-
Menyebutkan nama pendiri Taman Siswa
|
Pilihan
Ganda
|
7
|
||
-
Menyebutkan tanggal,bulan dan tahun pertama kali
lagu Indonesia Raya di nyanyikan
|
Pilihan
Ganda
|
8
|
||
-
Menyebutkan nama tokoh wanita yang menerbitkan
buku Habis Gelap Terbitlah Terang
|
Pilihan
Ganda
|
9
|
||
-
Menjelaskan salah satu sebab kegagalan perjuangan
di tahun 1908
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
||
-
Menyebutkan nama tokoh pendiri Jong Sumatranen
Bond
|
Uraian
|
1
|
||
-
Menyebutkan tahun pembubaran VOC
|
Uraian
|
2
|
||
-
Menyebutkan judul buku yang diterbitakan oleh
Kartini
|
Uraian
|
3
|
||
|
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
-
Menjelaskan puncak perjuangan bangsa Indonesia
|
Pilihan
Ganda
|
11
|
-
Menyebutkan tanggal.bulan dan tahun Jepang menyerah
pada Sekutu
|
Pilihan
Ganda
|
12
|
||
-
Menyebutkan nama kota yang di bom oleh Sekutu di
Jepang
|
Pilihan
Ganda
|
13
|
||
-
Menyebutkan nama Badan yang dibentuk untuk
mempersiapkan kemerdekaan RI
|
Pilihan
Ganda
|
14
|
||
-
Menyebutkan nama ketua PPKI
|
Pilihan
Ganda
|
15
|
||
-
Menyebutkan nama tokoh pemuda yang pertama kali
mendengar berita kekalahan Jepang
|
Pilihan
Ganda
|
16
|
||
-
Menyebutkan tempat Bung Karno dan Bung Hatta di
bawa oleh para pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945
|
Pilihan
Ganda
|
17
|
||
-
Menyebutkan nama tokoh yang mengetik teks
proklamasi
|
Pilihan
Ganda
|
18
|
||
|
-
Menyebutkan tokoh Proklamator Kemerdekaan
Indonesia
|
Pilihan
Ganda
|
19
|
|
-
Menyebutkan siapa yang bertugas membacakan naskah
proklamasi saat upacara peringatan Kemerdekaan
|
Pilihan
Ganda
|
20
|
||
-
Menyebutkan nama pencipta lagu Indonesia Raya
|
Uraian
|
4
|
||
-
Menyebutkan gelar pahlawan yang diberikan pada
Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta
|
Uraian
|
5
|
Mengetahui
Pendopo,16
Maret 2013
Kepala
Sekolah Guru
Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS
KOMARIAH,S.Pd,M.Pd
NIP.196910291993081001 NIP.196907111999032003
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
1.
Bangsa yang paling lama menjajah Indonesia adalah …
a.
Portugis
b.
Spanyol
c.
Belanda
d.
Inggris
e.
Spanyol
|
|
Indokator
-
Menyebutkan bangsa yang paling lama menjajah Indonesia
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 1
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
2.
Pada tahun 1596, Belanda pertama kali dating ke
Indonesia di pimpin oleh….
a.
Cornelis de Houtman
b.
Pieter Both
c.
Daendels
d.
JP Coen
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama gubernur VOC pertama di Indonesia
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 2
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
3.
Gubernur Belanda yang menggerakan pembuatan jalan
Anyer-Panarukan adalah ….
a.
JP Coen
b.
Pieter Both
c.
Yansens
d.
Daendels
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama Gubernur Belanda yang menggerakan pembuatan jalan raya
Anyer-Panarukan
|
|
|
Kunci Jawaban
: D
|
Nomor
Soal : 3
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
4.
Yang mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur
adalah …
a.
Pangeran Diponegoro
b.
Sultan Ageng Tirtayasa
c.
Sultan Hasanudin
d.
Patimura
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh yang mendapat julukan Ayam
Jantan dari Timur
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 4
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
5.
Pemimpin perlawanan di Sumatera Barat adalah …
a.
Cut Nyak Dien
b.
Panglima POlim
c.
Tuanku Imam Bonjol
d.
Sultan Hasanudin
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama pemimpin perlawanan di Sumatera
Barat
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 5
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
6.
Judul buku yang telah menyebabkan tanam paksa
dibubarkan karena terlalu kejam adalah ….
a.
Max Haveelar
b.
Habis Gelap Terbitlah Terang
c.
Surat Kartini
d.
Malim Kundang
|
|
Indokator
-
Menyebutkan judul buku yang telah menyebabkan
tanam paksa dibubarkan
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 6
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
7.
Pendiri Taman Siswa adalah …
a.
Ki Hajar Dewantara
b.
Douwes Dekker
c.
R.A Kartini
d.
Cut Nyak Dien
|
|
Indokator
-
Menyebutkan pendiri Taman Siswa
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 7
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
8.
Lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyika
tanggal ….
a.
26 Oktober 1928
b.
27 Oktober 1928
c.
28 Oktober 1928
d.
28 Oktober 1927
|
|
Indokator
-
Menyebutkan tanggal,bulan dan tahun lagu Indonesia
Raya di nyanyikan
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 8
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
9.
Tokoh wanita yang menerbitkan buku Habis Gelap
Terbitlah Terang adalah …
a.
R.A Kartini
b.
Dewi Sartika
c.
Cut Nyak Dien
d.
Cut Mutia
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh wanita yang menerbitkan
buku Habislah Gelap Terbitlah Terang
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 9
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
10. Salah satu
penyebab kegagalan perjuangan ditahun 1908 adalah …
a.
Perjuangan bersifat Nasional
b.
Belum ada persatuan dan kesatuan di seluruh
Nusantara
c.
Persenjataan yang lengkap
d.
Teknik perang yang hebat
|
|
Indokator
-
Menjelaskan salah satu sebab kegagalan perjuangan
ditahun 1908
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 10
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
11. Puncak
perjuangan bangsa Indonesia ditandai dengan …
a.
Proklamasi Kemerdekaan
b.
Sumpah Pemuda
c.
Kongres Pemuda I
d.
Kongres Pemuda II
|
|
Indokator
-
Menjelaskan puncak perjuangan bangsa Indonesia
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 11
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
12. Jepang
menyerah pada Sekutu pada tanggal …
a.
7 Agustus 1945
b.
14 Agustus 1945
c.
17 Agustus 1945
d.
9 Agustus 1945
|
|
Indokator
-
Menyebutkan tanggal,bulan, dan tahun Jepang
menyerah pada Sekutu
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal :12
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
13. Kota yang di
Bom oleh Sekutu di Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945 adalah kota …
a.
Hirosima
b.
Tokyo
c.
Nagasaki
d.
Fujiyama
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama kota yang di Bom oleh Sekutu di
Jepang
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 13
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
14. Badan yang
dibentuk Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan RI adalah …
a.
3A
b.
PPKI
c.
BPUPKI
d.
Panitia Sembilan
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama badan yang di bentuk untuk
mempersiapkan kemerdekaan RI
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 14
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
15. Ketua PPKI
adalah ….
a.
Bung Karno
b.
Bung Hatta
c.
Sayute Malik
d.
Ahmad Subarjo
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama ketua PPKI
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 15
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
16. Orang
Indonesia yang pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang adalah …
a.
Sutan Syahrir
b.
Ir.Soekarno
c.
Moh.Hatta
d.
Dr. Rajiman Widyoningrat
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh pemuda Indonesia yang pertama kali
mendengar berita tentang kekalahan Jepang
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 16
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
17. Bung karno dan
Bung Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945 dibawa oleh para pemuda ke …
a.
Bandung
b.
Rengasdengklok
c.
Rengasbitung
d.
Palembang
|
|
Indokator
-
Menyebutkan tempat Bung Karno dan Bung Hatta
dibawa oleh para pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 17
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
18. Yang mengetik
teks proklamasi adalah …
a.
Bung Karno
b.
Bung Hatta
c.
Ahmad Soebarjo
d.
Sayuti Malik
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh yang mengetik teks
proklamasi
|
|
|
Kunci Jawaban
: D
|
Nomor
Soal : 18
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
19. Tokoh proklamator
Kemerdekaan Indonesia adalah …
a.
Ir.Soekarno dan Ahmad Soebarjo
b.
Ir.Soekarno dan Moh.Hatta
c.
Ir.Soekarno dan Moh. Yamin
d.
Moh Yamin dan Moh Hatta
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh proklamator Kemerdekaan
Indonesia
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 19
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
20. Yang bertugas
membacakan naskah proklamasi saat upacara peringatan kemerdekaan adalah …
a.
Ketua DPR RI
b.
Presiden RI
c.
Menteri Sekretaris Negara
d.
Menteri Dalam Negeri
|
|
Indokator
-
Menyebutkan siapa yang bertugas membacakan naskah
proklamasi saat upacara peringatan kemerdekaan
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 20
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Uraian Tahun
Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
1.
Pendiri Jong Sumatranen Bond adalah …
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama tokoh pendiri Jong Sumatranen
Bond
|
|
|
Kunci Jawaban
:
Moh. Hatta
|
Nomor
Soal : 1
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
2.
Tanggal,bulan dan tahun berapakah jepang menyerah
pada Sekutu ?
|
|
Indokator
-
Menyebutkan tanggal ,bulan dan tahun Jepang menyerah
pada Sekutu
|
|
|
Kunci Jawaban
:
14 Agustus
1945
|
Nomor
Soal : 2
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Rumusan Butir
Soal
3.
Judul Buku yang diterbitkan oleh Kartnini adalah …
|
|
Indokator
-
Menyebutkan judul buku yang yang diterbitkan oleh
Kartini
|
|
|
Kunci Jawaban
:
Habis Gelap
Terbiltah Terang
|
Nomor
Soal : 3
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
4.
Pencipta lagu Indonesia Raya adalah …
|
|
Indokator
-
Menyebutkan nama pencipta lagu Indonesia Raya
|
|
|
Kunci Jawaban
:
W.R Supratman
|
Nomor
Soal : 4
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
2
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Rumusan Butir
Soal
5.
Gelar pahlawan yang diberikan pada Soekarno dan
Moh Hatta adalah …
|
|
Indokator
-
Menyebutkian gelar pahlawan yang diberikan pada
Ir.Soekarno dan Moh.Hatta
|
|
|
Kunci Jawaban
:
Bapak
Proklamator
|
Nomor
Soal : 5
|
KISI-KISI ULANGAN MID SEMESTER II SDN 1 UNGGULAN
PENDOPO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/II
No
|
Setandar
Kompetensi/
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
Nomor Soal
|
1
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
-
Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
Uraian
|
1
|
|||
-
Mengubah persen ke bentuk pecahan biasa
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
||
-
Mengubah pecahan biasa ke bentuk decimal
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
||
-
Mengubah decimal ke bentuk pecahan biasa
|
Pilihan
Ganda
|
4
|
||
-
Menentukan banyak (Kuantitas) dari banyak benda
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
||
-
Menjumlahkan pecahan decimal
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
||
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
-
Menjumlahkan pecahan biasa yang berpenyebut tidak
sama
|
Pilihan
Ganda
|
7
|
|
Uraian
|
2
|
|||
-
Mengurangkan pecahan biasa
|
Pilihan
Ganda
|
8
|
||
-
Mengurangkan pecahan decimal
|
Pilihan
Ganda
|
9
|
||
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
pengurangan pecahan
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
||
Uraian
|
3
|
|||
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
-
Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran
|
Pilihan
Ganda
|
11
|
-
Mengalikan pecahan decimal
|
Pilihan
Ganda
|
12
|
||
-
Membagi pecahan biasa dengan pecahan campuran
|
Pilihan
Ganda
|
13
|
||
-
Membagi pecahan decimal
|
Pilihan
Ganda
|
14
|
||
-
Mengalikan pecahan biasa dengan persen
|
Pilihan
Ganda
|
15
|
||
Uraian
|
4
|
|||
-
Menentukan perbandingan banyak benda dengan jumlah
seluruh benda
|
Pilihan
Ganda
|
16
|
||
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
perbandingan dua nilai
|
Pilihan
Ganda
|
17
|
|
-
Mengerjakan hitung campuran berbagai pecahan
|
Pilihan
Ganda
|
18
|
||
|
Pilihan
Ganda
|
19
|
||
Pilihan
Ganda
|
20
|
|||
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung skala
|
Uraian
|
5
|
Mengetahui
Pendopo,16
Maret 2013
Kepala
Sekolah Guru
Kelas V
NUROCHIM,S.Pd ELIS
KOMARIAH,S.Pd,M.Pd
NIP.196910291993081001 NIP.196907111999032003
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
1.
bentuk persennya adalah …
a.
40
b.
50 %
c.
20 %
d.
30 %
|
|
Indokator
-
Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 1
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
2.
25 % bentuk pecahan biasa adalah …
a.
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Mengubah persen kebentuk pecahan biasa
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 2
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
3.
bentuk desimalnya adalah …
a.
0,16
b.
0,40
c.
4,25
d.
0,25
|
|
Indokator
-
Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 3
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
4.
O,75 bentuk pecahan biasa adalah …
a.
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Mengubah decimal ke bentuk pecahan biasa
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 4
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
5.
Nilai 20 % dari Rp.4.000,- adalah …
a.
Rp.8.000,-
b.
Rp.800,-
c.
Rp. 80,-
d.
Rp.8,-
|
|
Indokator
-
Menentukan banyak (kuantitas) dari banyak benda
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 5
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
6.
Hasil dari 4,52 + 0,387 adalah …
a.
4,097
b.
9,407
c.
4,907
d.
7,490
|
|
Indokator
-
Menjumlahkan pecahan desimal
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 6
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
7.
Hasil dari
+
= …
a.
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Menjumlahkan
pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 7
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
8.
Hasil dari
-
= ….
a.
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Mengurangkan pecahan biasa
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 8
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
9.
Hasil dari 1,75 – 0,232 = …
a.
1,522
b.
1,518
c.
1,982
d.
1,98
|
|
Indokator
-
Mengurangkan pecahan desimal
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 9
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
10. Dalam
keranjang 1 kuintal jeruk. Jika kamu mengambil kuintal jeruk.Maka sisa jeruk dalam
keranjuang adalah …
a.
1
b.
1
c.
d.
|
|
Indokator
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
pengurangan pecahan
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 10
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
11. Hasil
dari
x 2
= …
a.
b.
c.
2
d.
|
|
Indokator
-
Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 11
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: IPS Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
12. Hasil dari 2,2 x 1,35 = ….
a.
2,79
b.
2,97
c.
2,729
d.
2,790
|
|
Indokator
-
Mengalikan pecahan desimal
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 12
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
13. Hasil dari : 2
= ….
a.
2
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Membagi pecahan biasa dengan pecahan campuran
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 13
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
14. Hasil dari
1,8 :
0,2 = …
a.
6
b.
7
c.
8
d.
9
|
|
Indokator
-
Membagi pecahan decimal
|
|
|
Kunci Jawaban
: D
|
Nomor
Soal : 14
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
15. Hasil dari
x 15 % = …
a.
b.
c.
d.
|
|
Indokator
-
Mengalikan pecahan biasa dengan persen
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 15
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Rumusan Butir
Soal
16.
Perbandingan kucing dengan jumlah
seluruh hewan adalah …
a.
5 : 9
c. 5 : 14
b.
14 : 5 d. 9 : 5
|
|
Indokator
-
Menentukan perbandingan banyak benda dengan jumlah
seluruh benda
|
|
|
Kunci Jawaban
: C
|
Nomor
Soal : 16
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Rumusan Butir Soal
17. Umur Amir
disbanding umur Benu adalah 3 : 4 Jika umur Banu 12 Tahun. Maka umur Amir
adalah …
a.
9 tahun
b.
12 tahun
c.
21 tahun
d.
4 tahun
|
|
Indokator
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
perbandingan dua nilai
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 17
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
18. Hasil
dari
+ 0,67 + 45 % = …..
a.
1,72
b.
7.12
c.
2,17
d.
17,2
|
|
Indokator
-
Mengerjakan hitung campuran berbagai pecahan
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 18
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Rumusan Butir
Soal
19. Hasil dari 35 % + 1
- 0,8 = …
a.
7,05
b.
0,75
c.
5,70
d.
0,57
|
|
Indokator
-
Mengerjakan hitung campuran berbagai pecahan
|
|
|
Kunci Jawaban
: B
|
Nomor
Soal : 19
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Rumusan Butir Soal
20. Hasil dari 2,7
– 85 % +
= …
a.
2,25
b.
22,5
c.
225
d.
0,25
|
|
Indokator
-
Mengerjakan hitung campuran berbagai pecahan
|
|
|
Kunci Jawaban
: A
|
Nomor
Soal : 20
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
Rumusan Butir
Soal
1.
Ubahlah pecahan dibawah ini ke bentuk persen
|
|
Indokator
-
Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
|
|
|
Kunci Jawaban
:
= = = 34 % |
Nomor
Soal : 1
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
2.
+ 3
= …
|
|
Indokator
-
Menjumlahkan
pecahan yang berpenyebut tidak sama
|
|
|
Kunci Jawaban
:
+ 3
= + 3
=
= 3 = 4 =
|
Nomor
Soal : 2
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
3.
Sebuah bamboo memiliki panjang 7 m. Bambu tersebut kemudian di potong 3 m. Berapakah sisa bamboo tersebut ?
|
|
Indokator
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
pengurangan pecahan
|
|
|
Kunci Jawaban
:
7 - 3 = 7 - 3
= 4
|
Nomor
Soal : 3
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
Rumusan Butir
Soal
4.
x 54 % = ….
|
|
Indokator
-
Mengalikan pecahan biasa dengan persen
|
|
|
Kunci Jawaban
:
x 54 % = x
=
|
Nomor
Soal : 4
|
KARTU SOAL
Jenis
Sekolah : SDN 1 Unggulan Pendopo Alokasi Waktu : 4 menit
Mata
Pelajaran: Matematika Kelas/Semester : V/II
Kurikulum : KTSP Penyusun : ELIS KOMARIAH
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
Rumusan Butir
Soal
5.
Panjang rumah pada denah 50 cm. panjang rumah
sebenarnya 25 m. berapakah skala denah tersebut ?
|
|
Indokator
-
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung skala
|
|
|
Kunci Jawaban
:
Skala
=
=
=
Jadi
skalanya
|
Nomor
Soal : 5
|
0 Komentar