Nama Kepala Sekolah          : ELIS KOMARIAH,S.Pd. M.Pd

Instansi                                   : SDN 10 Pendopo.Kab.Empat Lawang. Sumsel

 

Tugas 02.  Mengidentifikasi Masalah Pembelajaran

 

No

Deskripsi Sekolah Sendiri (kekuatan dan kelemahan)

Identifikasi Masalah Pembelajaran

Masalah Utama yang Terkait Pembelajaran

a

b

c

d

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

3.

 

 

 

1.

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

Kekuatan :

  1. Hubungan dengan dinas dan  pemangku berkepentingan sangat baik, sehingga setiap ada kesulitan segera mendapat bantuan.
  2. Program sekolah selalu mendapat dukungan positif dari komite sekolah 
  3.  Akreditasi sekolah B, saat ini berusaha agar dapat meningkat menjadi A

 

Kelemahan :

  1.  Guru kurang memahami strategi pembelajaran
  2. Pemanfaatan media pembelajaran belum maksimal
  3.  Motivasi siswa dalam pembelajaran rendah
  4. Prestasi belajar siswa rendah

Kelemahan :

  1. Guru kurang memahami strategi pembelajaran
  2.  Pemanfaatan media pembelajaran belum maksimal
  3. Motivasi siswa dalam pembelajaran rendah
  4. Prestasi belajar siswa rendah

 

 

Kurangnya pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelaran belum maksimal, sehingga berdampak motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah serta prestasi belajar siswa pun rendah.  Dari beberapa permasalahan tersebut, masalah utama yaitu “Rendahnya Kompetensi guru dalam model-model pembelajaran ”

 

*) dalam mengisi instrumen dapat mempelajari bahan bacaan atau sumber lain yang relevan dan contoh kasus

 

Petunjuk pengisian instrumen identifikasi masalah pembelajaran:

1.      Kolom “a” diisi dengan nomor urut

2.      Kolom “b” diisi dengan deskripsi sekolah sendiri yang meliputi kekuatan dan kelemahan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil rapor mutu sekolah, pemantauan 8 SNP, hasil supervisi akademik, atau data lain yang relevan dengan pembelajaran

3.      Kolom “c” diisi dengan hasil identifikasi masalah pembelajaran yang ditemukan di sekolah dan belum dapat diselesaikan

4.      Kolom “d” diisi dengan masalah utama yang dipilih sebagai prioritas dari beberapa masalah yang telah diidentifikasi dalam kolom “c”. Masalah utama merupakan simpulan dari berbagai permasalahan yang muncul yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat, harus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, dan memerlukan keterampilan kepemimpinan yang kuat untuk menyelesaikannya.